Selasa, 02 Oktober 2018

Novel Sayap Mungil Lolita

Ini penampakan novel pertamaku 'Sayap Mungil Lolita', pemenang kedua lomba novel remaja yang diadakan oleh Lumiere Publishing.


Berawal dari mimpi untuk menjadi penulis dan menghasilkan banyak novel, aku awalnya tidak tahu harus memulai dari mana. Bersyukur akhirnya menemukan sebuah grup penulisan di facebook, yang pada akhirnya membuatku berani untuk menulis cerita yang sempat mangkrak di laptop. Ternyata respon pembaca begitu antusias dan hal itu membuatku lebih bersemangat untuk menghasilkan cerita baru.

Ketertarikan pembaca pada ceritaku pada akhirnya membuat aku percaya diri untuk mengikuti lomba cerpen di beberapa penerbit kecil. Dalam satu tahun Alhamdulillah aku bisa menjadi kontributor dalam lima lomba. Buku antologi cerpen yang tercetak selalu aku beli sebagai koleksi bahwa di dalamnya ada datu cerpenku.

Setelah yakin dengan kemampuan menulisku, aku membelokkan setir ke lomba novel. Lomba novel pertama yang aku ikuti adalah lomba novel teenlit di penerbit twigora. Sayangnya aku tidak lolos. Tapi hal itu tidak membuatku patah semangat. Lomba novel kedua yang aku ikuti adalah lomba novel dengan tema bebas yang diadakan oleh ellunar publishing. Sayangnya lagi-lagi aku tidak lolos.

Pengalaman gagal untuk kedua kali dalam perlombaan novel itu membuat aku instrokpeksi diri, apa yang salah dengan tulisanku?

Pada kesempatan itu juga aku memulai dengan hati-hati. Dimulai dengan membuat premis yang fokus terhadap cerita yang akan kubuat dan membuat outline yang rapi. Rapi dalam arti dimulai dari pengenalan tokoh dan masalah, klimaks, lalu penyelesaian. Dan Taraaa... akhirnya namaku muncul sebagai pemenang juara kedua dengan judul Sayap Mungil Lolita.

Puji syukur aku ucapkan kepada Allah karena telah membuka jalanku menuju dunia penulisan yang pernah aku impikan. Apalagi setelah itu untuk membantu mempercantik naskah alias mengedit dan merevisi, aku berkenalan denga editor yang sangat baik hati bernama Nurul Cahaya. Aku ucapkan banyak terima kasih kepada Mbak Aya atas segala bantuannya sehingga novelku bisa diterbitkan pada bulan Agustus 2018.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar