Jumat, 21 Desember 2018

Novel Promise

Judul : Promise (Ketika Janji Menjadi Begitu Berarti)
Penulis : Laluna Kia
Penyunting : Irna Permanasari
Penerbit : GPU
Tahun terbit : 2018

Kalau lagi jalan ke gramed, ternyata aku belum bisa berpaling dari yang namanya novel Amore. Dari dulu suka sekali koleksi novel Amore yang berbau romance gitu. Dan meskipun sekarang juga suka dengan Metropop, tapi Amore membawa hawa manis tersendiri. Dan inilah novel Amore yang kubeli di bulan akhir tahun ini. Yuk langsung ke blurbnya.

Blurb

Masa kecil Laura dihabiskan di panti asuhan, dengan Arya sebagai sahabat satu-satunya. Ketika diadopsi dan harus meninggalkan Indonesia, Arya berjanji akan kembali ke panti untuk menjemput dan menikahi Laura saat dewasa kelak.

Seiring waktu berlalu, banyak keluarga yang juga ingin mengadopsi Laura, tapi ditolaknya. Gadis itu bertahan tinggal di panti sembari bekerja untuk membiayai kuliahnya. Dan... tetap menunggu Arya kembali.

Namun kehadiran Daniel, putra pemilik perusahaan tempat Laura bekerja, membuat gadis itu kelimpungan. Sikap Daniel yang arogan berhasil mengguncang dunia Laura yang tenang, mengisi seluruh sudut pikirannya. Pria itu mampu mengalihkan ingatan Laura terhadap janji Arya.

Hingga pada satu titik, Laura bertanya-tanya: Haruskah ia tetap menunggu janji Arya atau menerima cinta dari pria lain untuk pertama kalinya?

Iya ini memang cerita tentang bos dan karyawannya, tema yang sudah banyak diangkat sebenarnya. Tapi akunya suka banget tuh. Jadi gimana dong?

Membaca novel ini, aku jadi ingat novel Merah Jingga Langit Amsterdam karya Sandra D. Temanya sama, tentang rasa yang tumbuh antara atasan dan bawahan. Bedanya hanya pada sikap tokoh prianya. Di sini Daniel lebih 'berkuasa'. Apa yang diinginkan akan segera dia dapatkan. Dia lelaki yang berani dan agak memaksakan kehendaknya. Awalnya memang sebal, tapi lama-lama Laura terpesona juga. Apalagi ketika Daniel mengajaknya tinggal di rumah lelaki itu setelah panti asuhan yang dihuninya sejak kecil, terbakar.

Aku salut pada penggambaran karakter Laura. Dia benar-benar gadis yang tangguh. Ketika anak lain ingin menggapai kebahagiaan dengan menerima adopsi dari orang tua angkat, Laura justru menolak semuanya dan memilih untuk bertahan di panti, dengan alasan ingin menunggu Arya pulang. Arya adalah teman masa kecilnya ketika di panti. Lelaki itu berjanji akan menjemput Laura ketika dewasa, sementara dia telah diadopsi oleh keluarga baru.

Alurnya campuran karena di pertengahan ada kilas balik tentang masa kecil Daniel lalu kembali ke masa kini, dan konfliknya pelan-pelan terasa sampai klimaks. Sayangnya ada adegan yang tidak sinkron di halaman 55. Pada saat itu Daniel sedang berdialog dengan Laura, tapi tiba-tiba berubah berdialog dengan anak laki-laki, seperti menceritakan kehidupan Daniel di masa kecil. Tapi selebihnya aku suka dengan gaya bahasa novel Amore yang rata-rata sama.

Meskipun tinggal di panti asuhan, nasib Laura tergolong beruntung. Karena diam-diam Arya yang selalu diharapkannya, menanggung biayanya ketika sekolah. Hanya saja di sini aku bingung kenapa Arya tidak menyempatkan pulang barang sekejap saja untuk menemui Laura. Sehingga Laura tidak perlu menyimpan kerinduan yang teramat dalam.

Akhirnya kerinduan itu terobati dengan kehadiran Daniel dalam hidupnya. Daniel yang dengan sifat 'sok berkuasa' nya, bisa mengalihkan perhatian Laura sampai Arya hadir kembali dalam hidupnya, saat itulah Laura dilanda dilema.

Aku suka karakter tiap tokohnya. Laura adalah gadis yang tegas dan pemberani. Dia memaksa untuk pergi dari rumah Daniel sekalipun Daniel melarangnya. Begitu pula dengan Daniel, kadar sifat pemaksa dan egoisnya masih dalam taraf normal. Terbukti saat dia akhirnya mengizinkan Laura pergi dari rumahnya namun tetap mengawasinya.

Dan... yang paling kusuka adalah endingnya. Sesuailah dengan harapanku. Jadi novel ini aku rekomendasikan buat kalian yang suka Amore. Meskipun ada hal yang kurang sip menurutku, yaitu pergantian dari satu adegan ke adegan lain terlalu cepat. Dialognya juga kurang mendalam. Tapi selebihnya aku suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar